kegiatan dalam PERSAMI dirancang untuk menanamkan nilai-nilai luhur dan keterampilan praktis.

Mengapa PERSAMI Penting?
- Penguatan
Karakter Pancasila: Melalui kegiatan yang praktis, siswa akan
menginternalisasi nilai-nilai seperti:
- Beriman,
Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia: Melalui kegiatan
ibadah dan renungan.
- Mandiri:
Belajar mengurus diri sendiri dan bertanggung jawab atas tugas.
- Gotong
Royong: Bekerja sama dalam tim untuk mencapai tujuan bersama.
- Bernalar
Kritis & Kreatif: Memecahkan masalah dan mencari solusi dalam
situasi baru.
- Meningkatkan
Keterampilan Hidup (Life Skills): Siswa memperoleh kemampuan dasar
yang sangat berguna, seperti:
- Mendirikan
tenda/bivak sederhana.
- Teknik
simpul tali dasar.
- Pertolongan
Pertama pada Kecelakaan (P3K) dasar.
- Memasak
sederhana di alam terbuka.
- Orientasi
medan dan observasi lingkungan.
- Mengembangkan
Jiwa Kepemimpinan dan Kolaborasi: Siswa belajar memimpin, mengikuti instruksi,
berbagi tugas, dan menyelesaikan konflik dalam kelompok.
- Meningkatkan
Kemandirian dan Disiplin: Terbiasa dengan aturan, jadwal yang ketat,
dan tanggung jawab pribadi maupun kelompok.
- Mempererat
Tali Persaudaraan: Interaksi intensif selama perkemahan membangun
kedekatan dan solidaritas di antara siswa.
- Mengurangi
Ketergantungan Gawai: Memberikan kesempatan bagi siswa untuk fokus
pada interaksi nyata dan kegiatan fisik di alam.
Siapa yang Terlibat dalam PERSAMI?
- Siswa
Kelas IV, V, dan VI: Sebagai peserta utama yang aktif dalam setiap
kegiatan.
- Guru
Pembina Pramuka: Guru yang memiliki kompetensi kepramukaan, bertindak
sebagai pemimpin kegiatan dan mentor.
- Guru
Kelas IV, V, dan VI: Sebagai pendamping dan fasilitator regu.
- Panitia
Pelaksana: Tim guru dan staf yang bertanggung jawab penuh atas
perencanaan, logistik, dan keamanan kegiatan.
- Wali
Murid: Sebagai pendukung, pendorong partisipasi, dan mitra dalam
pengawasan keselamatan.
Prosedur Pelaksanaan PERSAMI
Pelaksanaan inovasi PERSAMI melibatkan serangkaian tahapan
yang terstruktur untuk memastikan kelancaran dan keamanan kegiatan.
A. Tahap Perencanaan & Sosialisasi (2 Bulan Sebelum
Hari H)
- Pembentukan
Panitia Pelaksana:
- Kepala
Sekolah membentuk Tim Panitia Pelaksana PERSAMI yang
beranggotakan Guru Pembina Pramuka, Guru Kelas 4-6, perwakilan Komite
Sekolah, dan staf terkait.
- Penyusunan
Program & Anggaran:
- Panitia
Pelaksana menyusun rencana program kegiatan (jadwal detail, materi
kepramukaan, jenis lomba, alokasi waktu), daftar perlengkapan, dan estimasi
anggaran yang dibutuhkan.
- Rancangan
program dan anggaran diajukan kepada Kepala Sekolah untuk persetujuan.
- Penentuan
Tanggal & Lokasi:
- Panitia
Pelaksana menetapkan tanggal pasti pelaksanaan PERSAMI (Sabtu-Minggu)
dan memilih lokasi perkemahan yang aman dan sesuai (lapangan sekolah atau
area lain yang telah disurvei dan mendapatkan izin).
- Koordinasi
Eksternal:
- Panitia
Pelaksana berkoordinasi dengan pihak terkait (Puskesmas/Tim Medis
terdekat, Babinsa/Polsek) untuk dukungan keamanan dan kesehatan selama
kegiatan.
- Sosialisasi
Komprehensif:
- Panitia
Pelaksana mengadakan pertemuan/briefing dengan siswa dan wali murid.
Materi sosialisasi mencakup tujuan, manfaat, jadwal detail, peraturan
perkemahan, dan daftar perlengkapan wajib yang harus dibawa.
- Wali
murid wajib menandatangani surat izin keikutsertaan siswa.
- Pembekalan
Pembina & Fasilitator:
- Panitia
Pelaksana menyelenggarakan workshop bagi seluruh guru pembina
dan fasilitator yang akan terlibat. Materi fokus pada pengetahuan
kepramukaan lanjutan, safety protocol, manajemen risiko,
penanganan P3K dasar, dan strategi fasilitasi kegiatan luar ruang yang
efektif dan menyenangkan bagi siswa SD.
B. Tahap Persiapan Teknis & Fisik (2-3 Minggu Sebelum
Hari H)
- Pendaftaran
& Pembagian Regu:
- Panitia
Pelaksana memastikan semua siswa yang berpartisipasi telah terdaftar.
- Siswa
kemudian dibagi ke dalam regu-regu kecil (ideal 5-8 siswa per regu)
secara heterogen. Setiap regu akan didampingi oleh satu atau dua Guru
Pembina/Fasilitator. Ketua dan Wakil Regu dipilih.
- Latihan
Dasar Kepramukaan:
- Guru
Pembina Pramuka melatih siswa dasar-dasar kepramukaan yang akan
dipraktikkan saat perkemahan, seperti: baris-berbaris (PBB), yel-yel
penyemangat regu, teknik simpul tali dasar (hidup, mati, jangkar,
pangkal), sandi Pramuka sederhana, dan lagu-lagu wajib Pramuka.
- Pengecekan
Perlengkapan:
- Panitia
Pelaksana dan Guru Pembina melakukan pengecekan ulang terhadap
daftar perlengkapan pribadi siswa (pakaian ganti, alat mandi, alat makan,
alat ibadah, obat-obatan pribadi yang wajib dilaporkan) dan perlengkapan
kelompok (tenda, alat masak sederhana, P3K regu).
- Memastikan
ketersediaan fasilitas umum (toilet, air bersih, penerangan) dan keamanan
lokasi perkemahan (pengecekan area dari benda berbahaya).
C. Tahap Pelaksanaan PERSAMI (Hari H: Sabtu-Minggu)
Hari Pertama (Sabtu):
- Kedatangan
& Pendaftaran Ulang (Pukul 14.00 - 15.00 WITA):
- Siswa
datang ke lokasi PERSAMI. Panitia melakukan pendaftaran ulang dan
pengecekan barang bawaan sesuai daftar.
- Upacara
Pembukaan (Pukul 15.00 - 16.00 WITA):
- Dilaksanakan
dengan khidmat, pengibaran bendera merah putih dan bendera Pramuka, serta
sambutan dari Kepala Sekolah.
- Mendirikan
Tenda/Bivak (Pukul 16.00 - 17.30 WITA):
- Setiap
regu belajar dan praktik mendirikan tenda atau bivak (sesuai instruksi)
secara mandiri dan berkolaborasi di area yang telah ditentukan. Guru
Pembina memberikan arahan.
- Pendidikan
Karakter & Kepemimpinan (Pukul 17.30 - 18.00 WITA):
- Sesi
materi interaktif tentang nilai-nilai Dasa Dharma Pramuka, Panca Satya,
pentingnya kepemimpinan dalam regu, dan kerja sama tim.
- Ibadah
& Persiapan Makan Malam (Pukul 18.00 - 19.30 WITA):
- Sholat
Magrib/doa bersama. Setiap regu berkolaborasi menyiapkan makan malam
sederhana.
- Makan
Malam (Pukul 19.30 - 20.00 WITA):
- Makan
malam bersama di area yang telah ditentukan.
- Api
Unggun & Pentas Seni (Pukul 20.00 - 22.00 WITA):
- Malam
keakraban dengan kegiatan api unggun, sesi sharing pengalaman
positif, dan penampilan seni/kreativitas dari setiap regu.
- Renungan
Malam & Doa Bersama (Pukul 22.00 - 22.30 WITA):
- Menguatkan
dimensi spiritual siswa melalui renungan singkat dan doa bersama.
- Istirahat
Malam (Pukul 22.30 WITA - Selesai):
- Seluruh
peserta memasuki tenda masing-masing. Panitia dan Pembina melakukan
pengawasan ketat dan patroli malam.
Hari Kedua (Minggu):
- Bangun
Pagi & Olahraga (Pukul 05.00 - 06.00 WITA):
- Sholat
Subuh/doa bersama, dilanjutkan dengan senam pagi dan kegiatan fisik
ringan.
- Masak
& Sarapan Pagi (Pukul 06.00 - 07.30 WITA):
- Setiap
regu berkolaborasi menyiapkan sarapan pagi.
- Jelajah
Alam & Observasi Lingkungan (Pukul 07.30 - 09.00 WITA):
- Melakukan
penjelajahan singkat di sekitar area perkemahan untuk mengamati ekosistem
lokal, melatih kepekaan lingkungan, dan belajar navigasi sederhana.
- Permainan
Penutup & Bakti Sosial (Pukul 09.00 - 10.30 WITA):
- Melaksanakan
permainan kekompakan sebagai penutup. Dilanjutkan dengan kegiatan bakti
sosial membersihkan area perkemahan dan lingkungan sekitar sebagai bentuk
kepedulian.
- Pembongkaran
Tenda & Pengecekan Akhir (Pukul 10.30 - 11.30 WITA):
- Siswa
membongkar tenda dan membersihkan area tenda masing-masing. Panitia
melakukan pengecekan akhir untuk memastikan semua area bersih dan tidak
ada barang tertinggal.
- Upacara
Penutupan (Pukul 11.30 - 12.00 WITA):
- Dilaksanakan
dengan penurunkan bendera, penyampaian kesan dan pesan dari perwakilan
siswa, serta sambutan penutup dari Kepala Sekolah. Pembagian sertifikat
partisipasi.
- Kepulangan
Peserta (Pukul 12.00 WITA - Selesai):
- Siswa
pulang ke rumah masing-masing dengan tertib dan dijemput oleh wali murid.
D. Tahap Refleksi & Evaluasi Pasca-Kegiatan (1 Minggu
Setelahnya)
- Sesi
Refleksi Siswa:
- Guru
Kelas/Pembina memimpin sesi refleksi di kelas untuk mendiskusikan
pengalaman selama PERSAMI. Siswa diajak berbagi pembelajaran yang
didapat, tantangan yang dihadapi, dan bagaimana nilai-nilai Pramuka serta
keterampilan yang diperoleh dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Refleksi bisa dalam bentuk tulisan, diskusi, atau gambar.
- Evaluasi
Panitia Pelaksana:
- Panitia
Pelaksana mengadakan rapat evaluasi menyeluruh untuk menganalisis
efektivitas program, mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, dan kendala
yang dihadapi.
- Mengumpulkan
umpan balik dari siswa, guru, dan wali murid melalui kuesioner atau
diskusi terarah.
- Penyusunan
Laporan:
- Panitia
Pelaksana menyusun laporan pelaksanaan PERSAMI, termasuk dokumentasi
foto/video, sebagai bahan pertanggungjawaban dan acuan untuk perbaikan
program di masa mendatang.
- Perbaikan
Berkelanjutan:
- Hasil
evaluasi digunakan untuk mengidentifikasi area perbaikan dan menyusun
rencana pengembangan untuk pelaksanaan PERSAMI di tahun-tahun berikutnya,
memastikan program semakin baik dan berdampak positif.